Refleksi Dalam Merancang Pembelajaran (Rubrik Checklist Perencanaan Pembelajaran)
Merancang Pembelajaran Berbasis
Pendekatan Understanding by Design
(UbD)
Nama : SUGENG HANDOYO, S.Pd
Unit Kerja : SMP NEGERI 1 NGRONGGOT
NIM : 15142550042
Prodi : MATEMATIKA
LPTK : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
Pertanyaan
:
Tabel 1.1 Rubrik Checklist Perencanaan Pembelajaran
No |
Pernyataan |
Selalu |
Jarang |
Tidak Pernah |
1 |
Dalam merencanakan pembelajaran, saya
memilih capaian pembelajaran (CP) terlebih dahulu. |
√ |
|
|
2 |
Setelah
memilih capaian pembelajaran (CP), saya menurunkannya menjadi tujuan
pembelajaran (TP), dan kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran (KKTP). |
√ |
|
|
3 |
Setelah
menentukan KKTP, saya merancang asesmen untuk mengukur ketercapaian TP yang
telah ditetapkan. |
√
|
|
|
4 |
Dalam merencanakan pembelajaran, saya
merancang asesmen awal. |
|
√ |
|
5 |
Tujuan
pembelajaran dan asesmen saya gunakan sebagai dasar
untuk merancang kegiatan
pembelajaran. |
|
|
√ |
6 |
Kegiatan pembelajaran saya rancang untuk
mencapai tujuan pembelajaran. |
√ |
|
|
7 |
Saya
merencanakan pembelajaran selanjutnya berdasarkan hasil
asesmen formatif untuk memaksimalkan ketercapaian tujuan pembelajaran. |
|
|
√ |
Berikut refleksi hasil rubrik yang saya buat :
Dari hasil
checlist diatas, bahwa masih terdapat kekurangan saya sebagai seorang
guru. Adapun kekurangan yang saya rasakan adalah sebagai berikut : 1.
Membuat perencanaan
pembelajaran tidak diawali dengan asesmen awal. 2.
Merancang kegiatan
pembelajaran tidak berdasarkan tujuan pembelajaran dan asesmen awal. 3.
Saya merencanakan
pembelajaran selanjutnya tidak berdasarkan hasil asesmen formatif untuk
memaksimalkan ketercapaian tujuan pembelajaran. Pada dasarnya selama saya menjadi guru hanya mengikuti buku panduan atau buku kerja siswa / LKS yang sudah dibuat oleh MGMP. |
Diskusi dengan Waka. Kurikulum dan Guru Matematika Senior
Tetap berkarya dan semangat untuk mendampingi peserta didik dalam setiap kegiatan pembelajaran untuk mencapai kesuksesan.
BalasHapusKerja sama tim sangat efektif. Setiap orang berkontribusi dengan baik dan mencapai tujuan bersama.
BalasHapusAYOO TETAP SEMANGAATT
BalasHapusMantap pak. Lanjutkan pembelajaran matematika yang selalu dinantikan peserta didik dikelas karena gurunya seru
BalasHapusSetelah saya membaca Rancangan jurnal pembelajaran yang dibuat, menjadi lebih mengerti konsep yang diterapkan pada prinsip Undersanding by design, saya mungkin akan mencoba menerapkan prinsip UbD kepada siswa saya saat mapel yang saya ampu.
BalasHapusTetap semangat dalam pembelajaran. Terima kasih, dapat menambah pemahaman saya tentang pendekatan pembelajaran UbD.
BalasHapusMantap, lanjutkan
BalasHapusMelalui rancangan dengan pendekatan UbD yang anda buat ini menambah wawasan saya akan pentingnya sebuah perencanaan sebelum proses pembelajaran.
BalasHapus